Ahad (Minggu), 02 Februari 2020, pukul 20.55 WIB, K.H. Salahuddin Wahid, yang biasa dipanggil Gus Sholah wafat di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta. Kondisinya menurun akibat ritme jantung yang tidak teratur, mulai Jumat lalu (31 Februari 2020). Kepergian Gus Sholah merupakan kehilangan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Nampak di tengah pelayat, Dhohir Farisi, suami Yenny Wahid turut membantu memanggul peti jenazah Gus Sholah di rumah duka, Jalan Bangka Raya, Tendean, Pela Menteng, Jakarta Selatan.

Senin pagi (3/02/2020) Presiden Joko Widodo beserta beberapa para menteri kabinet kerja melayat ke rumah duka. Jokowi mengatakan, “Beliau adalah cendekiawan muslim yang menjadi panutan kita bersama, dan baru saja kita semuanya masyarakat Indonesia sangat kehilangan atas pulangnya beliau.”

Jenazah adik kandung K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, tiba pukul 11.00 WIB di Bandara Juanda, Sidoarjo, diterima oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Sekitar pukul 13.00, jenazah almarhum Gus Sholah tiba di rumah duka di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Ribuan pelayat yang sudah menunggu sejak pagi telah memadati area Pondok Pesantren memberikan doa dan penghormatan terakhir.

Usai shalat jenazah di masjid induk yang bersebelahan dengan rumah duka, sebelum acara pemakaman dimulai beberapa tokoh memberikan sambutan pelepasan, di antaranya Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta Ketua PP Muhammadiyah Haidar Nasir.

Almarhum Gus Sholah, dimakamkan di samping makam Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid Gus Dur di tengah-tengah Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang.

Gus Sholah, 14 tahun memimpin Ponpes Tebu Ireng. Beliau dikenal sebagai ulama NU yang sederhana dan ikhlas, serta banyak mengingatkan para santri agar membawa nilai-nilai kemanusiaan dan persatuan yang dibawa oleh Gus Dur.

Alumnus Institut Teknologi Bandung yang dikenal sebagai cendekiawan Muslim ini banyak memberikan perhatikan bidang pendidikan dan kebangsaan khususnya di wilayah pesantren.

Selamat jalan Gus Sholah. Al Fatihah.